Ingin Bergabung di Padi Umkm Eprocurement, Simak Dulu Informasi Tentang Lelang Proyek Konstruksi Berikut Ini

  • Whatsapp

PaDi UMKM memiliki PaDi eprocurement yang di dalamnya terdapat lelang proyek bumn dan tender proyek bumn. Belum diketahui pastinya lelang proyek bumn akan siap meramaikan halaman pada website tersebut. Lelang proyek bumn sendiri kemungkinan akan diisi oleh para BUMN tergabung yang sebelumnya di tugaskan untuk membantu UMKM agar menjadi lebih baik. Belum diketahui bagaimana cara mengikuti lelang proyek bumn di website padiumkm.id ini karena semua masih tahap proses. Simak informasi dan tips lelang proyek bumn seputar konstruksi berikut ini.

Read More

Menyusun dokumen penawaran untuk proyek yang dilelang, Di dalam menyusun dokumen penawaran, bukanlah sesuatu perkara yang mudah untuk dilaksanakan. Hal ini disebabkan, setiap perusahaan yang mengikuti proyek lelang haruslah teliti, hati-hati dan serius untuk menyusun dokumen penawaran sesuai dengan Rencana Kerja dan Syarat-syarat atau biasa disingkat dengan RKS. Disisi lain setiap perusahaan yang mengikuti lelang juga harus menyediakan anvouling (Berita Acara Penjelasan Lelang) dan dokumen pendukung lainnya. Dalam penyusunan dokumen proyek lelang, tak tanggung-tanggung setiap perusahaan yang menyediakan jasa konstruksi mempekerjakana karyawannya pagi, siang, dan malam, bahkan sampai bekerja lembur hanya demi memenangkan proyek yang dilelang.

Memahami lebih jauh tentang lelang proyek konstuksi, Kesimpulannya, apabila anggaran lelang yang di umumkan oleh panitia lelang semakin besar, maka semakin rumit juga RKS dan anvouling-nya serta dokumen pendukung lainnya, dan biasanya perusahaan baru yang mengikuti proyek lelang dengan anggaran yang sangat besar sangat sulit untuk menyaingi perusahaan yang telah memiliki banyak pengalaman. Biasanya dalam proyek lelang juga diadakan kerjasama antara perusahaan baru dan dan perusahaan lama yang memiliki banyak pengalaman. tujuannya hanya 1, yaitu agar dapat memiliki pengalaman dengan mengerjakan proyek yang memiliki anggaran yang sangat besar. Biasanya prosentasi pembagian keuntungan dalam kerjasama di ambil 60/40. Artinya 60% untuk perusahaan yang memiliki banyak pengalaman dan 40% untuk perusahaan baru (belum memiliki pengalaman dalam mengerjakan proyek lelang dengan anggaran besar).

Pertimbangan oleh setiap perusahaan yang mengikuti lelang, Di dalam menyusun dokumen proyek lelang, setiap perusahaan jasa konstruksi mempertimbangkan banyak aspek dalam mengambil proyek yang telah di lelang oleh panitia lelang. Mulai dari anggarannya, RKS-nya, metode kerja, termin-nya, pengalamannya dan lain-lain. karena setiap perusahaan juga sadar, sejauh apa kemampuan mereka dalam mengerjakan proyek yang telah dilelang. Biasanya anggaran yang wajar di ambil oleh perusahaan baru, anggaran yang diambil adalah kurang dari 2 milyar (kisaran anggaran proyek kecil). apabila perusahaan baru semakin lama berkecimpung di dunia konstruksi, maka ini akan menaikkan martabat perusahaan tersebut di mata panitia lelang, asalpun perusahaan tersebut tidak memiliki catatan etikat buruk dalam mengerjakan proyek yang telah dilelang. Dari pengalaman inilah panitia lelang akan menaruh kepercayaan pada perusahaan yang dianggapnya mampu mengerjakan proyek tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *